2/28/19

Merangkak



"Anaknya usia berapa, Bu?" saya memberanikan untu bertanya karena rasa penasaran yang melihat putranya sudah melangkahkan kaki.

"11 bulan Mbak. Pinter dia ini mbak, gak pakai merangkak, langsung berdiri dan jalan. Padahal anak yang lain masih merangkak dan berdiri. Anaknya cepet perkembangannya ini. "Jawab ibu dari anak lelaki yang lucu.

Saya hanya bisa tersenyum dan manggut-manggut. Dalam hati saya sebenarnya ingin menimpali jawaban ibu tersebut. Tapi saya pikir, sudahlah tak usah diributkan.

Anak saya termasuk yang standar perkembangannya, usia 11 bulan masih berdiri, belum bisa jalan. Dulu saat saya belum menikah, saya bertemu dengan Ibu Irene Mongkar. Beliau menekankan kepada saya dan teman-teman, jika besok sudah punya anak, saat tiba waktunya dia merangkak, berikan waktu kepada anak kita untuk merangkak sepuasnya. Merangkak sangat penting buat perkembangan anak kita ke depan. Begitu pesan beliau.

Akhir-akhir ini saya baru mengerti dan paham akan pesan Ibu Irene waktu itu. Ternyata memang merangkak sangay penting buat fokus anak kita ke depannya.


-simbok-

No comments:

Post a Comment